Kamis, 21 Maret 2013

RUANG LINGKUP EKONOMI


Kata ekonomi berasal dari bahasa Yunani yaitu ecos dan nomos yang artinya adalah cara pengelolaan suatu rumah tangga. Sedangkan Ilmu ekonomi atau ekonomika mempelajari tentang manajemen rumah tangga tersebut. Ekonomika sendiri berarti sebuah studi tentang penggunaan sumber daya yang langka (scarce) untuk memenuhi keinginan manusia (yang tidak terbatas).

Menurut  Profesor  P.  A. Semuelson, ilmu ekonomi adalah :
“Suatu  studi  mengenai  individu-individu  dan  masyarakat  membuat pilihan, dengan atau tanpa penggunaan uang, dengan menggunakan  sumber-sumber daya yang terbatas, tetapi dapat digunakan dalam berbagai cara untuk menghasilkan berbagai jenis barang dan jasa serta mendistribusikannya untuk kebutuhan konsumen, sekarang dan di masa datang, kepada berbagai individu dan golongan masyarakat”.
Dengan begitu terjadilah masalah ekonomi dimana terbatasnya sumber kebutuhan manusia. Masalah seperti ini terjadi akibat permintaan akan kebutuhan tersebut, sedangkan daya produksinya tidak bisa memenuhi permintaan.
Ada 3 hal pokok yang ada dalam perekonomian:
1. Produksi
2. Konsumsi
3. Perdagangan
Sistem Perekonomian
Menurut Dumairy (1966), Sistem ekonomi adalah suatu sistem yang mengatur serta menjalin hubungan ekonomi antar manusia dengan seperangkat kelembagaan dalam suat tatanan kehidupan, selanjutnya dikatakannya pula bahwa suatu sistem ekonomi tidaklah harus berdiri sendiri, tetapi berkaitan dengan falsafah, padangan dan pola hidup masyarakat tempatnya berpijak

DEFINISI EKONOMI

A.     Definisi Ekonomi
Dalam kehidupan sehari-hari, pasti Anda sering mendengar perkataan ekonomi. Coba sebutkan, apa saja yang mengandung perkataan ekonomi! Ya! Dapat juga ditambahkan, misalnya: pembangunan ekonomi, kesulitan ekonomi, golongan ekonomi lemah, pelayanan ekonomi, dan banyak lagi.
Istilah ekonomi mula-mula berasal dari perkataan Yunani. Oikos berarti rumah tangga, dan nomos berarti aturan. Adam Smith, bapak ilmu ekonomi
Perubahan kata ekonomis menjadi ekonomi mengandung arti aturan yang berlaku untuk memnuhi kebutuhan hidup dalam suatu rumah tangga. ekonomi: Peraturan rumah tangga.



B.     Tentunya Anda akan bertanya: “ Apakah rumah tangga keluarga?” Rumah tangga dalam hal ini dapat meliputi rumah tangga perorangan (keluarga), badan usaha atau perusahaan rumah tangga pemerintah dsb.
Nah! Kapan ilmu ekonomi dikenal dan mulai dipelajari?
Sebelum orang mengenal ilmu ekonomi, raja-raja dan para cerdik pandai pada jaman dahulu menggunakan ilmu filsafat sebagai dasar untuk mengatur dan memecahkan persoalan ekonomi.
Dengan semakin pentingnya peranan ekonomi dalam kehidupan, mulailah banyak ahli yang tertarik untuk memecahkan persoalan ekonomi, karena filsafat tidak lagi sanggup memecahkan seluruh masalah yang berkembang di masyarakat
.


METODOLOGI EKONOMI

Metodologi ekonomi adalah ilmu yang mempelajari metode, umumnya metode ilmiah yang berhubungan dengan ekonomi, termasuk prinsip tentang pertimbangan ekonomi.

Metodologi Ekonomi
Sering disebut sebagai The queen of social sciences, ilmu ekonomi telah mengembangkan serangkaian metode kuantitatif untuk menganalisis fenomena ekonomi. Jan Tinbergen pada masa setelah Perang Dunia II merupakan salah satu pelopor utama ilmu ekonometri, yang mengkombinasikan matematika, statistik, dan teori ekonomi. Kubu lain dari metode kuantitatif dalam ilmu ekonomi adalah model General equilibrium (keseimbangan umum), yang menggunakan konsep aliran uang dalam masyarakat, dari satu agen ekonomi ke agen yang lain. Dua metode kuantitatif ini kemudian berkembang pesat hingga hampir semua makalah ekonomi sekarang menggunakan salah satu dari keduanya dalam analisisnya. Di lain pihak, metode kualitatif juga sama berkembangnya terutama didorong oleh keterbatasan metode kuantitatif dalam menjelaskan perilaku agen yang berubah-ubah.

Pengaruh Mekanisme Harga
Krisis finansial global yang terjadi sejak akhir tahun 2007 telah menyebabkan perlambatan ekonomi global secara bertahap. Diperkirakan daya beli masyarakat menurun. Banyak pihak yang mengatakan bahwa krisis hanya terjadi pada negara maju seperti Amerika Serikat dan Uni Eropa. Namun perlu di ingat bahwa sebagian besar negra yang kekuatan pasarnya sedang tumbuh (energing market) menguasai 60% pangsa pasar ekspor ke Amerika Serikat dan negara-negara maju. Karena itu, jika terjadi penurunan permintaan, pasti akan berdampak terhadap permintaan barang-barang dari negara-negara sedang tumbuh (emerging countries). Tentu hal ini akan berakibat pada menurunnya kinerja berbagai sektor usaha, khususnya industri.

SISTEM PEROKONOMIAN
Sistem adalah perpaduan beberapa subsistem yang membentuk sistem itu sendiri. Jadi sistem ekonomi adalah perpaduan dari aturan-aturan atau cara-cara yang merupakan satu kesatuan dan digunakan untuk mencapai tujuan dalam perekonomian.
Berbagai jenis sistem perekonomian di dunia :
  • Sistem Ekonomi Tradisional
Sistem perekonomian tradisional merupakan sisitem ekonomi yang diterapkan oleh masyarakat tradisional.Sesuai dengan keadaan yang tradisional, corak perekonomian pin bersifat tradisional. Teknik produksi dipelajari secara turun-menurun. Dalam sistem ekonomi ini, nilai-nilai sosial, kebudayaan, dan kebiasaan masyarakat setempat sangat berpengaruh kuat  Umum nya produksi mengandalkan alam. Hasil produksi pun terbatas hanya untuk keluarga atau kelompok. Oleh karena itu, sistem ekonomi tradisional ini sangat sederhana sehingga tidak lagi bisa menjawab permasalahan ekonomi yang semakin berkembang
Ciri-ciri sistem ekonomi tradisional:
a)      Teknik produksi dipelajari secara turun-temurun dan bersifat sederhana
b)      Hanya sedikit menggunakan modal
c)      Pertukaran dilakukan dengan sistem barter
d)     Tidak mengenal pembagian kerja
e)      Masih terikat dengan tradisi
f)       kehidupan gotong-royong dan kekeluargaan sangat dominan
  • Sistem Ekonomi Komando/Pusat/Perencanaan
Sistem ini juga dikenal dengan sistem perekonomian etatisme/sosialis/komunis. Sistem ini digunakan oleh Negara-negara penganut komunis.Sistem ekonomi komando,pusat,perencanaan,etatisme,sosialis,komunis hampir sama maksud dan tujuan nya. Peran pemerintah sangat dominan, sedangkan pihak swasta atau masyarakat sangat kecil atau bahkan tidak ada. Pada sistem ini pemerintah menentukan barang dan jasa yang akan diproduksi, dengan cara atau metode bagaimana barang tersebut diproduksi, untuk siapa barang dan jasa tersebut diproduksi. Jadi semua kegiatan ekonomi diselenggarakan pemerintah. Sistem ini menurut saya sangat buruk karena mematikan kreativitas individu dan tidak ada nya pilihan dalam menentukan barang dan jasa yang akan digunakan karena terjadi nya monopoli yang merugikan masyarakat, namum pemerintah dapat menegendalikan inflasi dan pengangguran secara baik juga tidak ada nya kesenjangan sosial. sistem perekonomian ini digunakan oleh uni soviet, kuba, korea utara, cina, dan rusia, namun kini rusia dan cina sudah mulai meninggalkan sistem ini atau tidak lagi menggunakan nya sepenuh nya, sistem ini sempat ingin digunakan di Indonesia melalui partai PKI beruntung pemerintah mampu menumpas PKI. Sistem ini tidak digunakan di Indonesia.
Ciri-ciri sistem ekonomi komando/pusat/perencanaan:
a)      Semua alat dan sumber daya produksi dimiliki dan dikuasai oleh Negara sehingga hak milik perorangan hampir tidak ada(tidak diakui)
b)      Pekerjaan yang tersedia dan siapan yang akan bekerja ditentukan oleh pemerintah
c)      Kebijakan perekonomian diatur pemerintah
d)     Perencanaan, pengorganisasian, dan pengawasan seluruhnya dilaksanakan oleh pemerintah
e)      kegiatan ekonomi yang meliputi produksi, distribusi, dan konsumsi diatur oleh Negara
  • Sistem Ekonomi Pasar/Liberalis/Kapitalis
Sistem ini adalah kebalikan dari sistem ekonomi komando. Pada sistem ekonomi ini kegiatan ekonomi produksi,distribusi,konsumsi dilakukan masyarakat atau pihak swasta. Pemerintah hanya mengawasi dan melakukan kegiatan ekonomi yang berhubungan dengan penyelenggaraan Negara. Pihak swasta menguasai alat-alat produksi, akibat nya kepemilikan tidak terbatas ,setiap individu berusaha meningkatkan keterampilan dan kemampuan nya untuk menguasai sector ekonomi sehingga timbulah persaingan untuk maju. Sistem ekonomi pasar dapat menumbuhkan inisiatif dan kreasi masyarkat dalam mengatur kegiatan ekonomi , setiap individu dapat memilih sumber daya yang ada,menghasilkan barang bermutu tinggi, namun sistem ekonomi pasar sulit dalam melakukan pemerataan pendapatan berbeda dengan sistem ekonomi komunis yang dapat meratakan pendapatan dan mengatur inflasi, pada sistem ini kesenjangan social sangat terlihat. Sistem ekonomi ini digunaka di amerika serikat dan inggris.
Ciri-ciri sistem ekonomi pasar/liberalis/kamptalis:
a)      Semua sumber produksi menjadi milik masyarakat
b)      Pemerintah tidak ikut campur secara langsung dalam kegiatan ekonomi
c)      Timbul persaingan dalam masyarakat
d)     Setiap kegiatan ekonomi didasarkan atas pencarian keuntungan
e)      Kegiatan ekonomi selalu mempertimbangkan keadaan pasar
f)       Biasanya barang-barang produksi yang dihasilkan bermutu tinggi.
  • Sistem Ekonomi Campuran
Sistem ekonomi campuran ini adalah perpaduan antara sistem ekonomi komando dan pasar. Dalam sistem ini pemerintah dan masyarakat saling berinterkasi dalam perekonomian. kegiatan ekonomi diserahkan kepada pasar namun sampai batas tertentu pemerintah tetap melakukan kendali dan campur tangan. Dengan sistem ini pemerintah dapat menjalankan fungsi pengendalian nya dengan baik, tujuan pengendalian dari pemerintah agar perekonomian tidak lepas kendali dan tidak hanya menguntungkan pemilik modal besar.
Ciri-ciri sistem ekonomi campuran:
a)     Harga tidak semata-mata ditentukan oleh mekanisme pasar,tetapi pemerintah juga ikut campur dalam menentukan kebijakan
b)      hak milik individu atas faktor-faktor produksi diakui, tetapi ada pembetasan dari pemerintah
c)      kepentingan umum lebih diutamakan
d)     campur tangan pemerintah dalam perekonomian hanya menyangkut faktor-faktor yang menguasai hajat hidup orang banyak
  • Sistem Ekonomi Indonesia
Setelah Indonesia merdeka banyak tokoh-tokoh bangsa yang merumuskan sistem perekonomian            Indonesia salah satu nya adalah mantan wakil presiden Bung Hatta mengeluarkan gagasan nya yaitu sistem perekonomian Indonesia adalah koperasi, juga Sumitri Djojohadikusumo mencetuskan ekonomi campuran. Dalam proses selanjut nya disepakati lah sistem ekonomi pancasila. Dengan sistem ekonomi pancasila ini Indonesia menentang sistem ekonomi liberal,komunis dan monopoli namun pada masa orde baru Indonesia pernah mencicipi sistem ekonomi liebralisme dan komunis, pada masa orde lama ini perekonomian Indonesia sangat tidak sehat dengan angka inflasi yang tinggi. Pada masa orde baru sistem ekonomi pancasila berdasarkan ekonomi demokrasi kembali dipertegas dan satu-satu nya menjadi acuan perekonomian Indonesia namun dalam pelaksanaan nya sistem ekonomi pancasila tidak menjadi acuan satu-satu nya, sistem ekonomi pada saat itu condong kapitalisme,ditandai dengan dibuka nya pintu masuk investor-investor asing,mulai ada nya kesenjangan sosial yang mencolok.
Setelah masa orde baru usai dan digantikan masa atau era reformas perekonomian menjadi kacau, harga-harga naik, banyak pengusaha yang gulung tikar , dampak kerususan 1998 sangat terasa pada masa itu, pada masa reformasi sistem eknomi Indonesia adalah kerakyatan pancasila namun dalam praktik nya sistem ekonomi Indonesia lebih ke kapitalistik.
  • Keadaan Perekonomian Indonesia saat ini
Sistem Ekonomi Indonesia pada masa sekarang ini lebih kepada ekonomi kapitalis, terlihat dari jurang pemisah si kaya dan si miskin, sistem ekonomi saat ini cenderung melahirkan kemiskinan,keadaan ekonomi di tentukan keadaan pasar, pemerintah seolah-olah tutup mata dengan keadaan ekonomi rakyat nya, pejabat-pejabat melakukan KKN yang menambah buruk perekonomian Indonesia, ditambah lagi bangsa ini akan menaikan harga bahan bakar minyak yang akan sangat menyusahkan rakyat, harga-harga terancam naik, pemerintah hanya memberikan solusi BLT yang hanya dilakukan untuk beberapa bulan kedepan setelah itu akan menutup mata nya, pemerintah seperti menulikan telinga nya tidak mendengar jeritan rakyat nya mereka lupa siapa yang memilih mereka, memang harga minyak di dunia tidak stabil dengan harga yang tinggi namun bukan dengan cara menaikan harga bbm solusi nya, Kwik Kian Gie pakar ekonom Indonesia berteriak keras bahwa tak perlu manaikan bbm. Demo, pengangguran, tindak kriminal adalah fakta perekonomian Indonesia masih buruk, ekonomi Indonesia hanya meningkat dan terlihat bagus diatas teori. Indonesia yang kaya akan sumber daya alam nya tapi miskin dan menganggur diatas kelimpahan sumber daya alam nya sendiri. sistem ekonomi Indonesia bila dicermati baik-baik seperti sistem ekonomi liberalis, pancasila hanya seperti pajangan, kita semua seolah-olah lupa akan sila ke lima. Semoga perekonomian Indonesia dapat lebih baik nanti nya.








http://hertoniraditya.wordpress.com/2012/03/21/ruang-lingkup-ekonomi/

http://ariefsz.blogspot.com/2011/04/definisi-ekonomi-dan-masalah-pokok.html

http://omanz-freedom.blogspot.com/2012/03/definisi-dan-metodologi-ekonomi.html
http://andreasutomo.wordpress.com/2012/03/02/masalah-pokok-ekonomi-dan-pengaruh-mekanisme-harga/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar