Minggu, 29 Maret 2015

                                                    BAB III
                                              PEMBAHASAN


3.1 Gambaran Umum Aplikasi

Aplikasi Pemesanan Menu pada Pipu Steak adalah suatu aplikasi yang berguna untuk  mempermudah pelayan dalam mencatat pesanan setiap pelanggan yang akan memesan makanan di Pipu Steak. Aplikasi ini berbasis client-server, dimana web sebagai servernya untuk menyimpan data-data pesanan pelanggan. Sedangkan untuk sisi client merupakan pelayan, dalam hal ini adalah pegawai yang menggunakan aplikasi Pipu Steak yang berjalan pada platform Android. 
Dalam pembuatan aplikasi ini, pada mobile menggunakan Jquery Mobile yang merupakan gabungan dari bahasa pemograman Javascript, CSS, dan HTML, sedangkan pada administrator menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL menggunakan XAMPP sebagai database pada server. Selain itu, pembuatan aplikasi ini menggunakan beberapa aplikasi pendukung seperti Macromedia Dreamweaver, Eclipse, Adobe Photoshop.

3.2 Metode Pembuatan Aplikasi

Tahap analisis system tahapan awal dalam metode pengembangan waterfall. Tugas yang paling penting dalam tahap ini adalah proses menemukan masalah dan menghasilkan alternative pemecahan masalah serta diharapkan dapat memahami sistem yang guna menentukan kebutuhan pemakai dan hambatan pada Pipu Steak bila mengalami kesulitan dalam melakukan transaksi pemesanan makanan hingga pembayaran.
            Kami, akan melakukan analisis  terhadap  sistem  yang  sedang  berjalan  melalui  observasi langsung di Pipu Steak dan juga wawancara kepada   pemilik beserta pegawai restoran untuk mengetahui kondisi dan prosedur yang berlaku disana. Analisis terhadap hasil dari observasi dengan mengambil kesimpulan dari data-data hasil observasi dan wawancara yang nantinya akan di lanjutkan dengan Metode pembuatan aplikasi ini, yaitu menggunakan metodologi (System Development Life Cycle) Waterfall (Pressman) dengan tahapan :

1. Rekayasa Sistem (System Engineering) 
Pada tahap ini bertujuan untuk menentukan konsep serta ide dalam perancangan sistem aplikasi yang akan dibuat.

2. Analisa Kebutuhan Piranti Lunak (Software Requirement Analysis) 
Pada tahap ini bertujuan untuk menganalisa kebutuhan software yang diperlukan dalam membangun suatu aplikasi pemesanan. Selain itu analisa kebutuhan dilakukan dengan wawancara langsung terhadap pemilik restoran serta kuisoner terhadap pelanggan restoran.

3. Perancangan (Design) 
Pada tahap ini dilakukan perancangan-perancangan aplikasi yang meliputi pembuatan :
Pembuatan Diagram diagram UML yang menggambarkan sistem aplikasi ini
Pembuatan Entity Relationship Diagram
Pembuatan Hierarki Menu
Pembuatan Perancangan Aplikasi

4. Pengkodean (Coding) 
Pada tahap ini merupakan proses penulisan bahasa program agar aplikasi tersebut dapat dijalankan 

5. Pengujian (Testing) 
Pada tahap ini bertujuan untuk menguji kelayakan aplikasi yang telah dihasilkan serta mencari kesalahan yang mungkin terjadi.
Testing dilakukan dengan beberapa cara yaitu : 
1. Testing untuk menguji fungsional aplikasi
2. Testing performance dengan mengukur rentang waktu rata–rata pengiriman data dari server ke client dan sebaliknya dari aplikasi. 
Evaluasi IMK dengan menggunakan kuisioner untuk menguji seberapa mudah aplikasi dapat digunakan oleh user dan juga menganalisis tampilan user interface.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar